Monday, March 18, 2013

Cara Budidaya Kroto Dengan Media Toples

Salah satu media untuk cara budidaya kroto semut rangrang adalah toples. Toples yang biasa digunakan adalah toples plastik transparan yang ada di pasaran yang pada umumnya sering digunakan untuk tempat kerupuk atau makanan kecil. Harga di pasar bervariasi tergantung ukuran dan juga merek.

Bahan dan estimasi biaya cara budidaya kroto dengan media toples

Bahan yang di butuhkan untuk 1 buah toples budidaya kroto toples adalah :
1 buah Toples 10 Lt, dengan harga Rp 13.000
1 buah Nampan plastik diameter agak besar, dengan harga Rp 7.000
1 rengkot/lepak/tempat nasi plastik, dengan harga Rp 6.000

Cara membuat media toples untuk budidaya kroto

Lubangi bagian bawah toples dengan diameter 7 cm, cukup 1 lubang. Kemudian letakan nampan plastik dengan posisis datar, isi air hingga hampir 1/2 bagian nampan. Lalu taruh batu bata ditengah nampan sebagai media meletakan toples.

Lubang toples yang telah dibuat kita tutup menggunakan lakban untuk mencegah lari semut setelah kita pindah semut rangrang dari sarang sebelumnya ke toples yang telah kita sediakan. Tutup rapat dengan tutupnya (disini kita siap-siap untuk diserang dan digigit oleh semut rangrang karena mereka pasti merasa terancam).

Letakan toples ke media rantang / batu bata dengan posisi tutup pada bagian bawah setelah posisi baik dan benar buka lakban yang tadi menempel. Maka segeralah para semut tersebut akan berlarian lewat lubang itu. Bila kita membeli bibit dari penjual yang sudah bermedia toples maka kita tinggal memposisikan terbalik. Kemudian membuka lakbannya lebih aman dan praktis. Sebagai media pakan kita bisa menggunakan potongan gelas air mineral atau tempat pakan burung ukuran kecil, tempat minum bisa dari tutup botol air mineral, sebagai pakan awal bisa kita beri ulat hongkong, minum dengan air gula agak kental.

Sumber :
http://idwirausaha.blogspot.com/2012/11/cara-budidaya-kroto-metode-toples.html

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Para Sahabat

Total Visitors

Histats

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP