Wednesday, November 20, 2013

Perbanyakan Puring Cara Vegetatif

Joseph’s Coat begitu julukan puring yang bisa diperbanyak secara generatif dengan biji. Dengan pertimbangan efekivitas waktu, cara vegetatif lebih banyak diterapkan. Cangkok dianggap paling pas untuk perbanyakan. Persentase keberhasilan cangkok lebih tinggi dibandingkan dengan cara lain. Cara ini pun relatif lebih cepat.

Kalau dicangkok, calon tanaman baru masih mendapat suplai hara dari tanaman induk, sehingga akarnya bisa cepat tumbuh. Jika disetek, calon tanaman tidak memperoleh pasokan hara, sehingga akar akan lama munculnya.

Batang Tua

Cara mencangkok tidak sulit. Cari cabang yang cukup umur yang ditandai dengan warna kulit batang coklat, banyak mengandung zat kayu, umumnya berdiamter 3 – 4 cm. Tekstur batang sudah keras. Tak terlalu banyak terdapat bekas tangkai daun. Umumnya cabang yang masih banyak memiliki bekas tangkai daun adalah batang berusia muda. Batang terpilih lantas disayat kulitnya secara melingkar. Lebar sayatan 4 – 5 cm. Kambium yang masih menempel lalu dikerik sampai bersih. Bila tidak dikerik dikhawatirkan kulit akan pulih kembali dan akar tidak tumbuh. Selesai dikerik, bekas sayatan dibiarkan sampai kering.

Bagian kulit yang akan tumbuh akar diolesi zat perangsang, semisal roothone F. Atau bisa diganti dengan bawang merah. Umbi tanaman bumbu dapur itu ditumbuk, lalu dioleskan di bagian yang akan tumbuh akarnya. Sayatan segera dibungkus dengan media tanam. Tidak perlu dicampur dengan pupuk sintetis, cukup kompos. Tanah liat atau sabut kelapa pun tak masalah.

Yang penting media cangkok harus selalu dalam keadaan basah. Ketika akar mulai tumbuh, air tidak boleh telat sebab akar akan kering dan gagal tumbuh. Sekitar tiga minggu usai dibungkus akar cangkokan sudah tumbuh kuat. Ditandai denan ujung akar membesar, panjang dan telah menembus plastik pembungkus media. Jumlah akar pun cukup banyak. Cangkokan siap dipotong dan ditanam Cangkokan yang sudah ditanam dalam polibag atau pot lalu ditaruh di tempat yang sejuk, lembab dan teduh. Jika daun sudah segar, bibit puring siap ditanam atau dijual.

Sambung dan Tempel

Okulasi alias tempel mata tunas juga bisa jadi pilihan. Cara ini tergolong efektif dan cepat. Cocok diterapkan untuk memperbanyak puring langka dan sedang diminati. Semilsal puring kura – kura, Umumnya memakai batang bawah puring merah alias conceremen, sementara mata tempelnya adalah puring mahal. Mata empel dipilih yang sehat dan masih aktif., Ditandai dengan warna hijau kecoklatan dan nampak segar berair. Mata tunas yang mati biasanya berwarna hitam. Mata tunas diambil dengan menyayat, menggunakan pisau yang benar – benar bersih dan tajam. Setelah itu disiapkan tempat penempelan di batang tanaman puring yang lain.

Ukurannya harus benar - benar pas. Mata tunas lalu secepatnya dipasang. Lendir dan kambium jagan sampai merngering atau terpegang. Mata tunas yang sudah dipasang lalu diikat erat dengan tali rafia. Cara mengikatnya seperti orang menyusun genting. Yaitu dari bawah menuju ke atas, supaya air hujan tidak masuk ke dalam. Air hujan bisa mengakibatkan mata tempel membusuk.

Sekitar sebulan kemudian, biasanya mata tempel sudah melekat. Tajuk tanaman pokok bisa dipangkas agar mata tunas bisa segera tumbuh. Begitu juga sambung pucuk, tingkat keberhasilannya terbilang sangat tinggi. Batang bawah puring murah disambung dengan entres puring favorit. Biasanya menggunakan bentuk sambungan “V” lantas diikat plastik. Sama seperti okulasi, entres alias batang atas dipilih yang beum terlalu tua, berciri tak terlalu keras. Juga sedang aktif tumbuh.

Sumber :
Majalah FLONA. Ed 51/III. Mei 2007. Hal 14 - 15

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Para Sahabat

Total Visitors

Histats

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP