Wednesday, November 27, 2013

Teknik Budidaya Ikan Baronang

Di Indonesia, penyebaran ikan baronang cukup luas, akan tetapi setiap spesies ikan baronang jumlahnya sangat terbatas. Lokasi yang cocok untuk budidaya ikan baronang di laut adalah sebagai berikut:
1. Lokasi budidaya harus terlindung dari pengaruh angin/musim dan gelombang.
2. Kecepatan arus antara 20 – 40 cm/detik
3. Lokasi harus bebas dari pengaruh pencemaran atau polusi
4. Lokasi juga harus bebas dari hama yang meliputi antara lain ikan-ikan besar dan buas, binatang yang potensial dapat mengganggu (predator)
5. Kualitas air yang baik untuk pertumbuhan ikan seperti: kadar garam berkisar 27-32 ppt, suhu air berkisar 28-320C, oksigen berkisar antara 7 – 8 ppm, nitrat 0,9-3,2 ppm dan fostat 0,2 – 0,5 ppm

Budidaya ikan baronang di laut dapat dilakukan dengan metode Karamba Jaring Apung (KJA) yaitu wadah atau tempat budidaya ikan yang terbuat dari bahan jarring yang digantungkan pada kerangka (rakit) di laut. KJA terdiri dari komponen rakit apung, kurungan, pelampung dan jangkar.

Benih : Benih yang digunakan dalam budidaya perlu diperhatikan dan diseleksi benih yang betul-betul sehat. Sampai saat ini benih ikan baronang yang digunakan dalam usaha budidaya berasal dari hasil penangkapan di alam. Benih ikan baronang sangat peka terhadap perubahan lingkungan seperti suhu dan salinitas, sehingga penanganannya perlu dijaga secara hati-hati.

Pakan : Pakan yang diberikan sebaiknya yang masih baru (pellet) dan segar (ikan rucah)

Panen : Panen ikan baronang dilakukan setelah masa pemeliharaan 4 – 6 bln setelah penebaran.

Nilai Ekonomis : Ikan ini bernilai gizi tinggi dan telah dibudidayakan secara komersial di beberapa Negara tropis. Dewasa ini kegiatan perikanan ikan baronang semakin digalakkan sejalan dengan bertambahnya permintaan ikan baronang, terutama untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri khususnya dalam melayani permintaan hotel-hotel dan restoran, maupun sebagai komoditas ekspor.

Sumber :
http://www.enrekang.net/pendidikan/teknik-budidaya-ikan-baronang/

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Para Sahabat

Total Visitors

Histats

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP