Saturday, February 8, 2014

Budidaya Ikan Kerapu Macan di Lhokseumawe Berprospek Cerah

Ikan Kerapu Macan menjadi salah satu andalan perikanan air payau di Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh karena jenis tersebut memiliki prospek pasar yang cerah di luar daerah.

Kepala Bidang Kelautan dan Perikanan pada Dinas Kelautan Perikanan Peternakan dan Pertanian Kota Lhokseumawe Syahril, Rabu (23/1), di Lhokseumawe mengatakan selain memiliki pasar yang sangat bagus, ikan jenis itu juga mudah dibudidayakan secara besar-besaran.

Dia menyebutkan untuk prospek pasar sendiri, ikan kerapu hasil budi daya petani banyak dipasarkan ke luar daerah, seperti ke Sumatera Utara dan daerah lain bahkan hingga ke luar negeri.

Apalagi, jelasnya, pada waktu-waktu tertentu seperti Hari Raya Imlek, permintaan ikan kerapu lebih meningkat dari biasanya. Sementara harganya saat ini mencapai Rp120.000/Kg di tingkat petani.

Mengenai mudahnya pembudidayaan ikan kerapu di perairan Lhokseumawe karena sejumlah lokasi pembudidayaan alamnya sangat mendukung.

“Pembudidayaan ikan Kerapu Macan yang dikembangkan di Kota Lhokseumawe banyak dilakukan di aliran sungai, seperti aliran Sungai Krueng Cunda, yang memiliki kecocokan pembudidayaan tersebut,” ujar Syahril.

Dia mengemukakan ketersedian pakan juga sangat mendukung untuk pembudidayaan ikan tersebut. Oleh karena, melihat prospek yang cerah, Dinas Kelautan Perikanan Peternakan dan Pertanian pada tahun 2013 memprogramkan bantuan bibit Kerapu Macan sebanyak 20 ribu ekor yang akan diberikan kepada 700 petani.

Sumber :
http://www.bisnisaceh.com/agrobisnis/budidaya-kerapu-macan-di-lhokseumawe-berprospek-cerah/index.php

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Para Sahabat

Total Visitors

Histats

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP